Jumat, 08 Maret 2013

Kopling suntik/kopling yg dibor?

otomotif motor supra
 on OTOMOTIF: bongkar mesin supra 100
otomotif motor supra image



Barkah


Gan,motor gue supra..pengen masang kopling suntik(bor).emang kalo tali koplingnya mau diganti mesti buka blok dulu?.thanks yg udah jawab.


Answer
Saya kurang tahu tentang dunia otomotif jadi saya ingin ikut nyimak ~
Lumayan nambah ilmu dunia otomotif ^_^

Tentang Oli mpx 1,adakah yang pernah seperti ini?




Jumek


Baru saja ada seorang sahabat ane yang datang ke saya dengan keluhan mesin motor Honda Supra x 125 miliknya kenapa berisik sekali padahal mesin masih standar,
servis selalu rutin dan oli diganti secara rutin dan sebelum ketempat saya,tadi siang dia baru saja kebengkel resmi dan kata mekaniknya setang sehernya yang kena.
Mendengar ceritanya,saya heran sekali,kenapa setang seher bisa kena padahal mesin standar,servis dan ganti oli rutin tapi kenapa bisa kena setang sehernya?
Kemudian saya nyalakan motornya dan memang bener,suara berisik itu dari setang seher tapi tetep saja saya masih heran kenapa bisa kena?Kemudian sahabat ane tadi
menunjukan buku manual sebagai bukti bahwa dia memang servis dan ganti oli secara rutin tapi setelah ane lihat lagi oli apa yang dia pakai dan dia pakai oli itu 2000km, ane langsung punya pikiran
yang terburuk,kenapa ane punya pikiran seperti itu,karena eh karena dia memakai oli MPX 1 dan ane punya pengalaman pahit terhadap oli ini karena oli ini cepat sekali
menguapnya dan gara-gara oli ini ane jadi bongkar mesin buat bersihin geram-geram besi yang terkikis dan menyumbat jalur oli ane, padahal ane baru pakai oli mpx 1 dengan jarak tempuh 1000km dan untuk membuktikan benar atau tidaknya pikiran ane, ane ambil tang dan ane buka tutup olinya, kemudian ane cek olinya dan hasilnya mencengangkan,
alat penunjuk volume olinya hanya sedikit terkena oli, ane hampir tidak percaya dan ane keringkan alat penunjuknya dengan tisu hingga kering dan ane celupin lagi ke mesin dan alat penunjuknya masih sangat kering padahal seharusnya basah kan??
Dari situ ane tarik kesimpulan sekaligus menjawab pertanyaan yang membuat ane penasaran banget, yaitu oli dalam mesin menguap hingga hanya tersisa hanya 75ml dan itu sebabnya mesin berisik banget karena setang seher tidak terendam oli. Komponen lainnya
seperti kampas kopling, seher, bagian head silinder juga tidak terkena oli sehingga menyumbang suara berisiknya juga. Sekarang motor sahabat ane sudah diisi lagi olinya tapi tentunya bukan dari mpx 1 lagi.

Ane ingin tanya nih pada semua brader di room ini yang mungkin saja pernah menggunakan Oli Mpx 1, pernahkah kalian mengalami kejadian yang dialami sahabat ane dan ane sendiri??

Share saja, tenang disini tidak akan ada seperti Kejadian yang dialami Ibu Prita, disini tempatnya buat sharing.



Answer
Kendaraan saya Honda Mega Pro CW tahun 2005.

Di awal-awal pemakaian saya pakai oli Federal, waktu itu saya belum terlalu mengerti hal-hal teknis karena masih SMA. Jadi saya tidak tahu pastinya kondisi mesin saya waktu itu seperti apa.

Sekitar 2 tahun lalu, kendaraan saya di-overhaul. Kebetulan pada waktu itu saya sudah lanjut studi di bidang yang menjurus untuk bisa mengerti hal-hal teknis seperti otomotif, dsm.

Setelah itu, saya pakai oli Motul. Pernah coba yang Motul Multi Power, namun belakangan pakai yang Motul 5100 Ester.

Kondisi mesin fit banget, pergantian gigi halus, tarikan dan top speed OK.

Lalu ketika muncul Oli baru rekomendasi dari AHM, yaitu AHM Oil dengan nama MPX, saya tertarik untuk mencoba.

Eh, ketika saya coba, ternyata pergantian gigi kasar banget, mesin cepat meraung, tarikan memang OK, tapi ketika top speed terasa kasar sekali.

Saya langsung was-was ama oli ini, apa mungkin memang kualitasnya tidak sebaik Motul yang memang mahal-mahal harganya atau hal lain yang saya tidak duga.

Kemudian saya kembali lagi ke oli Motul, kemudian peforma kembali seperti semula.

Kalau menurut saya, oli MPX itu terlalu encer, kalau ga salah cuma 10W-30. Oli-oli umumnya main di 10 sampai 20 W namun angka di belakang W antara 40 sampai 50.

Mungkin karena terlalu encer inilah jadi mudah menguap. Namun saya punya asumsi, kalau dipakaikan ke motor baru yang celah-celah antar komponen-komponen di dalamnya masih rapat sekali (gear, piston, dsm), bakal nyaman sekali pakai oli ini.

Tapi melihat komentar dari penanya, saya jadi was-was banget ama oli ini.

Apa mungkin oli tersebut tidak sebaik klaim dari produsennya?

Saya juga jadi ikut berasumsi macam-macam terkait oli ini.

Mungkin ada user lain yang mau menambahkan komentar?



Powered By Info Bermanfaat
Update Forex 2013
Artikel Ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar