Jumat, 08 Maret 2013

mempelajari mesin otomotif secara umum?

belajar otomotif
 on Belajar Otomotif Itu Menyenangkan
belajar otomotif image



CipTa JaSa


saya ingin belajar tentang mesin otomotif dari internet yang singkat dan bersifat umum. Apakah ada yang tahu tentang alamat website nya ? terima kasih.


Answer
Silahkan buka di http://techincars.blogspot.com

Saya ingin belajar semua tentang Otomotif mohon bantuannya.?




Vansa Havi


Saya masih sekolah tingkat smp kelas 3 .
karena saya bergaul dengan orang" yang suka ke Jalur atau bisa di bilang suka balap
saya jadi tertarik untuk mendalami Otomotif . tetapi saya belum terlalu tau tentang Otomotif
jadi saya mau bertanya tentang dasar"nya terlebih dahulu seperti
Apa itu Boring
Apa itu Stang Seher
Apa itu Busi , Karburator dan lain"
mohon bantuannya , kalau bisa sih semua bagian" motor terimakasih ..
mohon bantuannya ya saya ingin sekali terjun ke dunia otomotif :D



Answer
mumpung masih kelas 3 smp dan punya minat ke bidang otomotif, masih ada kesempatan tuh buat masuk smk otomotif, coba pertimbangkan dari sekarang, manfaatnya pasti kerasa nantinya kalo udah dewasa...

mengenai istilah2 bagian mesin, ini sebagian kecil dari komponen2 mesin yg pernah catat di skripsi saya :
1.Piston, merupakan komponen yang memampatkan gas dan bergerak naik-turun karena adanya proses kompresi dan pembakaran. Gerakan naik-turun tersebut ditranslasikan menjadi gerakan berputar (rotasi) di crankshaft. Piston dilengkapi dengan ring untuk menahan kompresi dan mendistribusikan oli ke badan piston.
2.Connecting rod, merupakan komponen penghubung piston dan crankshaft. Komponen ini umumnya disebut setang piston.
3.Crankshaft merupakan komponen yang berputar karena adanya gerakan dari piston dan posisi as setang piston yang posisinya tidak sejajar dengan posisi as di crankshat. Pada as crankshaft juga ditemui rangkaian roda gigi yang mengatur gerakan camshaft. Perangkat ini umumnya disebut kruk as atau poros engkol.
4.Camshaft merupakan komponen yang berputar seirama dengan crankshaft dengan rasio tertentu yang ditentukan oleh camshaft sprocket. Umumnya, komponen ini memiliki dua bagian yang berbentuk lonjong yang berfungsi untuk mengatur buka-tutup klep. Komponen ini umumnya disebut noken as atau kem.
5.Camshaft sprocket merupakan komponen yang mengatur putaran camhaft agar seirama dengan putaran crankshaft. Camshaft sprocket ditemui di mesin yang dilengkapi dengan camshaft drive chain yang menghubungkan crankshaft yang posisinya di bawah (gearboks) dengan camshaft yang posisinya di atas (cylinder head). Komponen ini umumnya disebut gigi sentrik noken as.
6.Camshaft drive chain merupakan perangkat yang menghubungkan crankshaft dan camshaft. Komponen ini juga dilengkapi tensioner dan adjuster untuk mengatur ketegangan rantainya. Komponen ini umumnya disebut rantai keteng / rantai kamrat.
7.Klep (valve) terdiri dari dua macam yaitu klep masuk (inlet valve) dan klep buang (exhaust valve). Klep masuk mengatur masuknya gas bakar dari karburator yang akan masuk ke ruang bakar. Klep buang mengatur gas sisa pembakaran yang akan dibuang menuju knalpot. Komponen klep dilengkapi valve spring untuk mengatur gerak balik (menutup), sitting valve untuk mengatur posisi klep agar tetap pada jalurnya, valve oil seal untuk membendung oli agar tidak masuk ke ruang bakar, dan pada tipe tertentu dilengkap shim untuk mengatur celah klep dengan camshaft dan rocker arm.
8.Rocker arm, merupakan komponen yang mengatur buka-tutup klep berdasarkan bentuk benjolan (lobe) dari camshaft. Komponen ini dilengkapi adjuster yang terdiri baut dan mur untuk mengatur celah antara klep dan adjuster tersebut. Pada tipe mesin tertentu trocker arm tidak ada karena komponen noken as langsung menekan klep tanpa perantara rocker arm. Komponen ini umumnya disebut pelatuk klep.
9.Cylinder head, merupakan komponen yang didalamnya terdapat komponen-komponen lainnya seperti camshaft, valve/klep, rocker arm dan lubang spark plug. Didalam cylinder head juga terdapat kubah yang merupaakn ruang bakar, lubang jalur gas bakar dan gas buang, lubang jalur klep, dan lubang sirkulai oli serta cooling system (untuk mesin yang mengaplikasi cooling system tambahan seperti radiator). Komponen ini umumnya disebut kepala silinder.
10.Cylinder, merupakan komonen tempat bergeraknya piston. Komponen ini dilengkapi bagian khusus pada bagian dalamnya agar hambatan gerak pada piston mengecil. Pada tipe mesin tertentu, bagian luar dari cylinder dilengkapi sirip-sirip intuk membuang panas mesin. Komponen ini umumnya disebut blok silinder.
11.Crankcase, merupakan komponen yang tempat crankshaft bekerja. Lubang crankcase mernjadi dudukan as dari crankshaft. Untuk tipe mesin tertentu, didalam crankcase ditemui serangkaian roda gigi yang mengatur distribusi tenaga dari crankshaft ke gir depan.

dan lain2, sebenernya masih banyak lagi, coba aja cari referensinya di google atau buku paket pelajaran teknik sepeda motor untuk SMK otomotif, siswa SMP ga haram baca buku SMK koq hehehhe



Powered By Info Bermanfaat
Update Forex 2013
Artikel Ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar